Veteran Ramadhan? 

Satu yang perlu kita sadari dari perjumpaan dengan Ramadhan adalah, suasana sekitar yang mendukung.

Seorang ustad bertutur bagaimana awal Ramadhan ia lalui di seberang benua. Sangat berbeda dengan di Tanah Air, begitu pendapatnya. Jika di sini kita menemukan masjid-masjid berlomba menyuguhkan agenda spesial, bahkan jauh-jauh  hari sudah mengadakan penyambutan Ramadhan, maka di luar sana (jika tidak bergabung dengan komunitas muslim) belum tentu kita mendapatkan atmosfer tersebut.

Lalu bagaimana bentuk syukur kita akan nikmat aman dan pesona ini?

Kegiatan rutin harusnya membuat kita semakin mahir. Seperti mengendarai sepeda, makin sering berlatih maka semakin pandai kita menggunakannya.

Menemui kembali Ramadhan, harusnya membuat kualitas diri terus lebih baik dari Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Jika sewaktu SD yang kita tahu Ramadhan sebatas puasa, buka bersama di TPA, atau meminta tanda tangan penceramah sebakda tarawih, maka berbeda dengan Ramadhan di pandangan remaja pun dewasa.

Ramadhan adalah pendekatan diri, pembersihan hati, dan pengembangan pribadi tuk menjadi lebih baik lagi. Bulan yang satu-satunya disebut dalam Al Qur’an. Bulan diturunkannya (permulaan) petunjuk mulia, Bulan disatukannya hati-hati yang percaya.

Maka kita temukan firman Allah,

Dan apabila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

Pada ayat ini Allah menggunakan kata “Aku”. Di mana banyak ayat kita tahu, Allah menyebut diri-Nya dengan nama-Nya atau “Dia”. Sebegitu akrab Ia terhadap hamba-Nya.

Semoga Allah senantiasa tuntun kita menjaga amalan yang Ia cinta di bulan ini. Dan menganugerahkan kita pada hakikat dekat. Hingga bertahun-tahun berjumpa Ramadhan, ada penambahan-penambahan imani yang diberkahi.

Allahu ta’aalaa a’lam.

Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa dan mereguk keberkahannya.

|| Jakarta, 270517

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: